Islam Itu Damai gan

Islam Itu Damai gan

Selasa, 20 September 2011

Tumbuhan Berspora

                                                                         Cycas circinalis

Tumbuhan berspora adalah tumbuhan yang memiliki spora. Spora adalah satu atau beberapa sel (bisa haploid ataupun diploid) yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Sel ini dominan dan hanya tumbuh pada lingkungan yang memenuhi persyaratan tertentu, yang khas bagi setiap spesies. Fungsi spora sebagai alat persebaran (dispersi) mirip dengan biji, meskipun berbeda jika ditinjau dari segi anatomi dan evolusi. Tumbuhan berbiji dipandang dari sudut pandang evolusi juga menghasilkan spora.

      Tumbuhan berspora meliputi golongan lumut (Bryophyta) dan paku (Pterydophyta). Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan peralihan dari tumbuhan talus ke tumbuhan kormus (tumbuhan berpembuluh). Tumbuhan lumut memiliki ciri-ciri :

a)    Bersel banyak;
b)    Berwarna hijau;
c)    Hidup di tempat lembab;
d)    Belum memiliki akar, batang, dan daun sejati, tetapi telah memiliki bagian-bagian yang    menyerupai   akar, batang, dan daun;
e)    Berkembang biak dengan spora.
       Akar pada lumut disebut dangan rizoid yang digunakan untuk melekat dan mengisap air dan mineral. Berdasarkan bentuk tubuhnya, lumut dikelompokan menjadi dua golongan, yaitu lumut hati dan lumut daun.
      Pada paku-pakuan,tubuhnya telah memiliki komponen akr, batang, dan daun yang jelas,walaupun berkas pembuluh angkutnya belum sempurnadan masih berkembang biak dengan spora. Akar tumbuhan paku adalah akar serabut.
      Tumbuhan paku tumbuh di tempat yang teduh dan lembap atu basah, tetapi ada pula yang hidup di tempat kering, menempel di dinding atau tubuh tumbuhan lain, dan adayang hidup di air. Tumbuhan paku berkembang biak secara vegetative dan generative. Perkembangbiakan secara vegetative dengan menghasilkan tunas dan spora. Spora tumbuhan paku dibentuk di dalam kotak spora (Sporangium). Kumpulan dari beberapa sporangium disebut Sorus. Daun yang memiliki sorus disebut daun subur (fertil) atau sporofil, sedangkan daun yang tidak memiliki sorus disebut daun madul (steril).

Tumbuhan paku digolongkan menjadi :
a)    Paku kawat (Lychophyta) = mirip rerumputan berdaun kecil yang tersusun rapat.
       Contoh : paku kawat (Lycopodium cernuum)
b)    Paku ekor kuda (Sphenohyta) = daun seperti sisik yang melingkar pada ruas batang.
       Contoh : paku ekor kuda
c)    Paku sejati (Pterophyta) = berdaun agak lebar dengan susunan tulang daun yang tampak jelas.
       Contoh : semanggi (Marsilea crenata), suplir, paku tanduk rusa, dan paku sarang burung

0 commentnya please:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More